Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Bahan Alumunium

Posted by Lekemede on Selasa, 07 Februari 2017

Mahalnya harga kayu kini untuk pembuatan kusen pintu maupun jendela lebih banyak menggunakan bahan aluminium. Selain awet dan tahan rayap juga mudah dalam pemasangan. Namun ada baiknya sebelum menggunakan jenis bahan bangunan yang berbahan aluminium ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari bahan tersebut, khususnya untuk kusen pintu dan jendela.

Jendela aluminium sendiri pada dasarnya digunakan untuk gedung-gedung perkantoran ataupun ruko. Namun seiring perkembangan kini bahan bangunan yang berjenis aluminium mulai digunakan untuk properti perumahan.


Kelebihan Pintu dan Jendela Aluminium

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa anda rasakan manfaatnya jika menggunakan bahan pintu dan jendela yang terbuat dari aluminium. Terdapat juga motif dan warna tertentu sebagai pilihan yang bisa anda gunakan seperti warna coklat, biru, putih dan juga bermotif seperti warna kayu.

  • Tahan Terhadap Cuaca adalah salah satu kelebihan aluminium. Berbeda dengan bahan dari kayu yang dapat berubah ketika cuaca dingin dan berubah lagi ketika cuaca panas. Bahan yang terbuat dari kayu sering di serang rayap atau keropos, sedangkan bahan pintu dan jendela yang menggunakan aluminium bebas dari hal-hal tersebut. Selain itu jangka waktu mengalami kerusakan relatif lebih lama dan awet.
  • Tidak membutuhkan cat lagi adalah kelebihan bahan v karena terdapat banyak pilihan warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan warna tembok rumah anda. Ketahanan akan warna tidak akan luntur dan tahan lama. Namun jangan khawatir ada cat khusus aluminium jika anda ingin memberikan warna khusus kesukaan anda.
  • Mudah dalam pemasangan dan mempunyai bobot yang cukup ringan tidak membutuhkan banyak tenaga untuk membawa atau pun memasangnya.
  • Banyak Model tertentu baik yang bergaya clasic, minimalis maupun modern. Banyak sekali jendela yang dibuat khusus standard pabrik dan tidak perlu merakitnya terlebih dahulu. Model keluar pabrik sering mengikuti perkembangan seperti yang bergaya eropa yang sedang banyak dipakai.

Kekurangan Pintu dan Jendela Aluminium

Terdapat kelebihan pada bahan aluminium juga pasti ada kekurangannya. Dibandingkan dengan kelebihannya bahan ini lebih sedikit kekurangannya dari bahan selain aluminium sebagai berikut :
  • Harga yang terlalu mahal terkadang menjadi dilema, namun jika anda melihat kelebihannya tentu anda harus pertimbangkan kembali untuk pintu dan jendela anda menggunakan aluminium. Bandingkan dengan bahan yang lainnya apakah harga tersebut sebanding dengan dengan kualitasnya. Harga mahal yang ditawarkan tentu saja terbayar dengan kualitas dan ketahanannya.
  • Bentuk Minimalis atau hanya kotak (siku) yang statis, berbeda dengan kayu yang bisa di desain bentuk lain seperti menambah motif ukiran. Namun pada dasarnya terdapat model pabrikan yang terdapat liku-liku serta naik turun permukaan yang hampir menyerupai gelombang yang pasti kita lihat akan mempunyai daya tarik tersendiri.
  • Mudah Penyok jika terkena benturan keras adalah salah satu kekurangan pada kusen dan pintu aluminium. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan di dempul. Namun hal tersebut jarang terjadi khususnya pada jendela yang dilindungi oleh tralis besi.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan pada kusen dan pintu yang menggunakan aluminium, maka tidak ada salahnya jika anda menentukan pilihan pada bahan jenis aluminium.

» Thanks for reading: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Bahan Alumunium
Manunggal Lestari Updated at: 01.10

0 komentar :

Posting Komentar

Lokasi Workshop