Bahan Alternatif Membuat Atap Plafon Lebih Murah

Posted by Lekemede on Selasa, 07 Februari 2017

Terdapat beberapa jenis bahan untuk membuat plafon yang biasa kita jumpai seperti menggunakan triplek, bilik, gypsum maupun GRC Board. Bahan yang digunakan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Seperti halnya dengan menggunakan gypsum selain mahal juga rentan mengalami kerusakan seperti jika terkena air dan cepat jebol jika di injak oleh binatang seperti kucing yang sedang mengejar tikus. Plafon gypsum akan berwarna kuning jika terkena bocoran air hujan karena adanya zat asam. Namun kelebihan plafon dengan menggunakan gypsum adalah cepat dan ringan dalam pengerjaan serta terlihat lebih rapih dan ringan irit dalam pengecatan.

Bahan Alternatif Membuat Atap Plafon Lebih Murah
Bahan GRC untuk Plafon
Plafon yang menggunakan triplek atau pun bilik tentunya lebih memiliki kekuatan daripada gypsum. Namun harga triplek yang mahal dan kayu yang menjadi tumpuannya sudah jarang di gunakan lagi. Plafon yang menggunakan bilik biasanya digunakan untuk membuat rumah di lokasi pedesaan atau membuat gajebo dengan sedikit mengubah motif pada bilik seperti motif papan catur yang menggunakan bahan bambu putih kekuningan dan bambu hitam.

Adanya bahan alternatif seperti plafon GRC Board yang bisa dibilang lebih murah dari segi menghemat biaya daripada menggunakan gypsum tentunya sebagai bahan alternatif untuk membuat plafon atap rumah anda dengan harga yang terjangkau. Ukuran GRC sendiri yang terdapat dipasaran adalah 60 x 120 cm, 122 x 244 cm dengan memiliki ketebalan 4 mm. Anda bisa menggunakan rangka bahan baja ringan, tentunya dengan bahan rangka tersebut akan menjadi lebih murah dibandingkan menggunakan kayu yang semakin mahal dan melonjak harganya.

Kelebihan menggunakan GRC sendiri tentunya dalam pengerjaan akan lebih mudah, perbaikan lebih mudah, harga lebih murah daripada triplek dan gypsum serta ringan, tahan api dan tahan air jika terjadi kebocoran. Dalam pengecatan pun tidak perlu menggunakan plamur terlebih dahulu Untuk kekurangannya bahan plafon yang dari GRC tidak tahan terhadap benturan, jadi hati-hati dalam proses pemasangan.

» Thanks for reading: Bahan Alternatif Membuat Atap Plafon Lebih Murah
Manunggal Lestari Updated at: 00.06

0 komentar :

Posting Komentar

Lokasi Workshop